Kisi-Kisi Matematika Kelas 7 semester 1 2016 2017

 

 

KISI – KISI  ULANGAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017

                                                                   Satuan Pendidikan       : MTS                           Alokasi  Waktu              : 120 menit                             
                                                                                    Mata Pelajaran             : Matemátika.               Jumlah  Soal                       : 35 butir                                 
                                                                                    Kelas                           : 7 (Tujuh)                   Bentuk  Soal                       : 30 Pilihan Ganda dan 5 Uraian         
                                                                                    Kurikulum                   :  2013 edisi revisi 2016
                                                                                                                       
No Urut

 

Kompetensi Inti


Kompetensi Dasar

 

Materi

 

I  n  d  i  k  a  t  o  r

PG/
Uraian
No Soal

1.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Menjelaskan dan menentukan
urutan pada bilangan bulat (positif
dan negatif) dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
Membandingkan Bilangan Bulat
Diberikan beberapa bilangan bulat positif dan negatif, peserta didik dapat menentukan urutan bilangan yang menunjukkan urutan naik.
PG
1




Diberikan 2 buah bilangan bulat tertentu. Peserta didik dapat membandingkan kedua bilangan bulat tersebut. (< atau >)

PG
2



Membandingkan Bilangan Pecahan
Peserta didik dapat menentukan arsiran yang menunjukkan sebuah bilangan pecahan tertentu
PG
3




Diberikan 2 buah bilangan pecahan (biasa dan campuran). Peserta didik dapat membandingkan kedua bilangan bulat tersebut. (< atau >)

PG
4


Menjelaskan dan melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
Disajikan garis bilangan yang menunjukkan operasi hitung suatu bilangan bulat. Peserta didik dapat menunjukkan operasi yang sesuai dengan garis bilangan tersebut.

PG
5




Diberikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi tersebut.

PG
6




Diberikan sebuah pernyataan jika n merupakan suatu bilangan bulat tertentu, peserta didik dapat menentukan operasi yang menunjukkan hasil yang terbesar.
PG
7



Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi perkalian bilangan bulat.
PG
8




Disajikan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian, peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi tersebut.
PG
9



Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
Diberikan operasi campuran (+, -) bilangan pecahan. Peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi tersebut.

PG
10



Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan perkalian dan pembagian bilangan pecahan.
PG
11


Menjelaskan dan menentukan
representasi bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif
dan negatif
Bilangan Bulat Berpangkat Positif
Diberikan dua bilangan bulat berpangkat positif. Peserta didik dapat membandingkan kedua bilangan tersebut.
PG
12



KPK dan FPB
Disajikan soal cerita berkaitan dengan KPK. Peserta didik dapat menyelesaikan soal tersebut.
PG
13




Peserta didik dapat menentukan FPB dari 3 buah bilangan bulat dengan menggunakan faktorisasi prima
Uraian
31
2.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, komplemen
himpunan, dan melakukan operasi
biner pada himpunan menggunakan
masalah kontekstual
Konsep Himpunan
Diberikan pernyataan tentang kumpulan beberapa benda. Peserta didik dapat menentukan kumpulan yang bukan termasuk himpunan.
PG
14




Disajikan himpunan dalam bentuk notasi. Peserta didik dapat menyebutkan anggota dari himpunan tersebut.
PG
15



Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
Disajikan beberapa himpunan. Peserta didik dapat menentukan himpunan yang merupakan himpunan kosong.
PG
16




Disajikan suatu himpunan bilangan tertentu. Peserta didik dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin dari himpunan tersebut.
PG
17



Himpunan Bagian
Peserta didik dapat menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan yang mempunyai n anggota. (n < 10).

Uraian
32



Komplemen Himpunan
Disajikan diagram venn sebuah himpunan bilangan tetentu. Peserta didik dapat menentukan komplemen dari himpunan tersebut.
PG
18



Operasi himpunan
Diberikan dua himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan kata-kata, peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut.
PG
19




Diberikan dua himpunan yang masing-masing diketahui banyak anggotanya, peserta didik dapat menentukan banyak anggota gabungan dua himpunan tersebut, jika banyak anggota irisan kedua himpunan diketahui.

PG
20



Menggunakan sifat operasi himpunan untuk memecahkan masalah nyata.
Diberikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan irisan dan gabungan himpunan. Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita tersebut.

Uraian
33
3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Menjelaskan bentuk aljabar dan
melakukan operasi pada bentuk
aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
Mengenal Bentuk Aljabar
Peserta didik dapat menentukan banyak suku dari bentuk aljabar yang diberikan
PG
21




Peserta didik dapat menentukan suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar yang diberikan.
PG
22



Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dua bentuk aljabar (ax +b) dan (cx + d), a,b,c,d bilangan bulat.
PG
23




Peserta didik dapat menentukan hasil pengurangan dua bentuk aljabar (ax +b) dan (cx + d), a,b,c,d bilangan bulat.
PG
24



Perkalian Bentuk Aljabar
Peserta didik dapat menentukan bentuk sederhana dari perkalian bentuk aljabar (ax +b) dan (cx + d), a,b,c,d bilangan bulat.
PG
25



Pembagian Bentuk Aljabar
Peserta didik dapat menentukan hasil bagi bentuk aljabar ax2+bx+c oleh dx + e dengan a,b,c,d,e adalah bilangan bulat.
PG
26



Menyederhanakan Bentuk Aljabar
Disajikan dua bangun yang ukuran-ukurannya dalam bentuk variabel. Peserta didik dapat menyatakan keliling dan luas bangun datar tersebut dalam bentuk aljabar.
Uraian
34
4
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
dan penyelesaiannya
Memahami konsep persamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan koefisien dan konstanta dari persamaan linear satu variabel yang diberikan.
PG
27



Menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear satu variabel yang diberikan.
PG
28



Memahami konsep pertidaksamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan nilai yang merupakan salah satu selesaian dari pertidaksamaan linear satu variabel yang diberikan.
PG
29




Menyelesaikan masalah persamaan linear satu variabel
Peserta didik dapat menentukan gambar garis bilangan yang menunjukkan himpunan selesaian pertidaksamaan linear yang diberikan.
PG
30




Peserta didik dapat menentukan himpunan selesaian suatu pertidaksamaan linear satu variabel yang koefisiennya bilangan pecahan
Uraian
35




                                                                                                                                                                                                                    Untuk Kelas 8 dan 9 klik disini


                                                                                                                                                                                                                                            


Comments

Popular posts from this blog

DAFTAR NOMOR STATISTIK MADRASAH (NSM) SEMUA JENJANG MULAI RA, MI, MTS DAN MA SE-INDONESIA

Aplikasi Raport Emis Mts lengkap beserta petunjuk dan patch aplikasi terbaru

JUKNIS PENULISAN IJAZAH JENJANG MI, MTS DAN MA TAHUN 2017