Kisi-Kisi Matematika Kelas 7 semester 1 2016 2017
KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017
Satuan Pendidikan : MTS Alokasi Waktu
: 120 menit
Mata
Pelajaran : Matemátika. Jumlah Soal
: 35 butir
Kelas : 7 (Tujuh) Bentuk Soal :
30 Pilihan Ganda dan 5 Uraian
Kurikulum
: 2013 edisi revisi 2016
No Urut
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
I n
d i k
a t o r
|
PG/
Uraian
|
No Soal
|
1.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
Menjelaskan dan
menentukan
urutan pada
bilangan bulat (positif
dan negatif)
dan pecahan (biasa,
campuran,
desimal, persen)
|
Membandingkan Bilangan Bulat
|
Diberikan
beberapa bilangan bulat positif dan negatif, peserta didik dapat menentukan
urutan bilangan yang menunjukkan urutan naik.
|
PG
|
1
|
Diberikan 2
buah bilangan bulat tertentu. Peserta didik dapat membandingkan kedua
bilangan bulat tersebut. (< atau >)
|
PG
|
2
|
||||
Membandingkan Bilangan Pecahan
|
Peserta didik
dapat menentukan arsiran yang menunjukkan sebuah bilangan pecahan tertentu
|
PG
|
3
|
|||
Diberikan 2
buah bilangan pecahan (biasa dan campuran). Peserta didik dapat membandingkan
kedua bilangan bulat tersebut. (< atau >)
|
PG
|
4
|
||||
Menjelaskan dan
melakukan operasi
hitung bilangan
bulat dan pecahan
dengan
memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan
Bulat
|
Disajikan garis
bilangan yang menunjukkan operasi hitung suatu bilangan bulat. Peserta didik
dapat menunjukkan operasi yang sesuai dengan garis bilangan tersebut.
|
PG
|
5
|
||
Diberikan soal
cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi tersebut.
|
PG
|
6
|
||||
Diberikan
sebuah pernyataan jika n merupakan suatu bilangan bulat tertentu,
peserta didik dapat menentukan operasi yang menunjukkan hasil yang terbesar.
|
PG
|
7
|
||||
Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
|
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi perkalian
bilangan bulat.
|
PG
|
8
|
|||
Disajikan
operasi hitung campuran perkalian dan pembagian, peserta didik dapat
menentukan hasil dari operasi tersebut.
|
PG
|
9
|
||||
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan
|
Diberikan
operasi campuran (+, -) bilangan pecahan. Peserta didik dapat menentukan
hasil dari operasi tersebut.
|
PG
|
10
|
|||
Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan
|
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan perkalian dan pembagian
bilangan pecahan.
|
PG
|
11
|
|||
Menjelaskan dan
menentukan
representasi
bilangan dalam bentuk
bilangan
berpangkat bulat positif
dan negatif
|
Bilangan Bulat Berpangkat Positif
|
Diberikan dua
bilangan bulat berpangkat positif. Peserta didik dapat membandingkan kedua
bilangan tersebut.
|
PG
|
12
|
||
KPK dan FPB
|
Disajikan soal
cerita berkaitan dengan KPK. Peserta didik dapat menyelesaikan soal tersebut.
|
PG
|
13
|
|||
Peserta didik
dapat menentukan FPB dari 3 buah bilangan bulat dengan menggunakan
faktorisasi prima
|
Uraian
|
31
|
||||
2.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
Menjelaskan
himpunan, himpunan
bagian,
himpunan semesta,
himpunan
kosong, komplemen
himpunan, dan
melakukan operasi
biner pada
himpunan menggunakan
masalah
kontekstual
|
Konsep Himpunan
|
Diberikan pernyataan tentang kumpulan beberapa benda. Peserta didik
dapat menentukan kumpulan yang bukan termasuk himpunan.
|
PG
|
14
|
Disajikan
himpunan dalam bentuk notasi. Peserta didik dapat menyebutkan anggota dari
himpunan tersebut.
|
PG
|
15
|
||||
Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
|
Disajikan
beberapa himpunan. Peserta didik dapat menentukan himpunan yang merupakan
himpunan kosong.
|
PG
|
16
|
|||
Disajikan suatu
himpunan bilangan tertentu. Peserta didik dapat menentukan himpunan semesta
yang mungkin dari himpunan tersebut.
|
PG
|
17
|
||||
Himpunan Bagian
|
Peserta didik
dapat menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan yang mempunyai n
anggota. (n < 10).
|
Uraian
|
32
|
|||
Komplemen Himpunan
|
Disajikan
diagram venn sebuah himpunan bilangan tetentu. Peserta didik dapat menentukan
komplemen dari himpunan tersebut.
|
PG
|
18
|
|||
Operasi himpunan
|
Diberikan dua
himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan kata-kata, peserta didik dapat menentukan irisan dari dua himpunan tersebut.
|
PG
|
19
|
|||
Diberikan dua
himpunan yang masing-masing diketahui banyak anggotanya, peserta didik dapat
menentukan banyak anggota gabungan dua himpunan tersebut, jika banyak anggota
irisan kedua himpunan diketahui.
|
PG
|
20
|
||||
Menggunakan sifat operasi himpunan untuk
memecahkan masalah nyata.
|
Diberikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan irisan dan
gabungan himpunan. Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita tersebut.
|
Uraian
|
33
|
|||
3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
Menjelaskan
bentuk aljabar dan
melakukan
operasi pada bentuk
aljabar
(penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan
pembagian)
|
Mengenal Bentuk Aljabar
|
Peserta didik
dapat menentukan banyak suku dari bentuk aljabar yang diberikan
|
PG
|
21
|
Peserta didik
dapat menentukan suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar yang diberikan.
|
PG
|
22
|
||||
Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
|
Peserta didik
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bentuk aljabar (ax +b) dan (cx
+ d), a,b,c,d bilangan bulat.
|
PG
|
23
|
|||
Peserta didik dapat
menentukan hasil pengurangan dua bentuk aljabar (ax +b) dan (cx + d),
a,b,c,d bilangan bulat.
|
PG
|
24
|
||||
Perkalian Bentuk Aljabar
|
Peserta didik
dapat menentukan bentuk sederhana dari perkalian bentuk aljabar (ax +b)
dan (cx + d), a,b,c,d bilangan bulat.
|
PG
|
25
|
|||
Pembagian Bentuk Aljabar
|
Peserta didik
dapat menentukan hasil bagi bentuk aljabar ax2+bx+c oleh dx
+ e dengan a,b,c,d,e adalah bilangan bulat.
|
PG
|
26
|
|||
Menyederhanakan Bentuk Aljabar
|
Disajikan dua
bangun yang ukuran-ukurannya dalam bentuk variabel. Peserta didik dapat
menyatakan keliling dan luas bangun datar tersebut dalam bentuk aljabar.
|
Uraian
|
34
|
|||
4
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
Menjelaskan
persamaan dan
pertidaksamaan
linear satu variabel
dan
penyelesaiannya
|
Memahami konsep persamaan linear satu variabel
|
Peserta didik
dapat menentukan koefisien dan konstanta dari persamaan linear satu variabel
yang diberikan.
|
PG
|
27
|
Menyelesaikan masalah persamaan linear satu
variabel
|
Peserta didik
dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear satu variabel
yang diberikan.
|
PG
|
28
|
|||
Memahami konsep pertidaksamaan linear satu
variabel
|
Peserta didik
dapat menentukan nilai yang merupakan salah satu selesaian dari
pertidaksamaan linear satu variabel yang diberikan.
|
PG
|
29
|
|||
Menyelesaikan masalah persamaan linear satu
variabel
|
Peserta didik
dapat menentukan gambar garis bilangan yang menunjukkan himpunan selesaian
pertidaksamaan linear yang diberikan.
|
PG
|
30
|
|||
Peserta didik
dapat menentukan himpunan selesaian suatu pertidaksamaan linear satu variabel
yang koefisiennya bilangan pecahan
|
Uraian
|
35
|
Untuk Kelas 8 dan 9 klik disini
Comments
Post a Comment